3 Cara Tepat Atur Dana Pensiun Agar Hari Tua Lebih Sejahtera

3 Cara Kelola Dana Pensiun

Pensiun merupakan masa yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Setelah sekian lama bekerja, masa pensiun dianggap menjadi momen untuk beristirahat dan menikmati dana pensiun karyawan yang diberikan oleh perusahaan. Namun perlu Anda ingat, jumlah dana pensiun yang besar sekali pun akan sia-sia jika tidak dikelola dengan baik.

Berinvestasi tentu menjadi salah satu pilihan tepat untuk tetap mengalirkan pundi-pundi uang meski Anda telah pensiun. Akan tetapi ada langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai berinvestasi, yaitu mengelola dana pensiun dengan baik. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini:

Prioritaskan Pelunasan Utang

Melunasi semua utang dan tunggakan merupakan prioritas utama yang perlu dilakukan sebelum memulai berinvestasi. Jangan sampai belitan utang menjadi ganjalan untuk hidup sejahtera di kemudian hari. Hal ini juga bisa dilakukan secara perlahan sebelum Anda memasuki masa pensiun, sehingga nantinya uang yang diterima tak habis untuk melunasi utang.

Sisihkan untuk Kebutuhan Hidup, Bukan Keinginan Hidup

Penerima pensiun bulanan bisa jadi lebih tenang karena ada pemasukan tetap yang bisa diandalkan. Namun bagaimana jika Anda hanya menerima dana pensiun satu kali saja di akhir masa kerja? Jumlahnya memang lebih besar, namun bukan berarti Anda bisa menggunakannya untuk bersenang-senang. Sisihkan sebagian dana pensiun untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti makan, pakaian, dan tempat tinggal.

Memiliki Tabungan Pensiun

Memasuki masa tua bukan berarti Anda tak perlu lagi menabung. Di waktu yang akan datang, bisa jadi Anda membutuhkan dana yang besar entah itu untuk berobat atau untuk menutup kerugian bisnis. Tak ada yang menginginkan hal buruk terjadi, tetapi berjaga-jaga mulai sekarang adalah pilihan terbaik. Maka dari itu, pastikan Anda menyimpan sebagian besarĀ dana pensiun karyawan dalam bentuk tabungan yang bisa digunakan di kemudian hari.

Kalau 3 hal tersebut sudah Anda lakukan, baru pikirkan tentang investasi apa yang cocok dijalani. Anda banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari yang tanpa risiko seperti menyimpan dana pensiun dalam bentuk deposito atau yang cukup berisiko seperti saham dan obligasi. Setiap investasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Yuk, mulai menata hari tua dengan pengelolaan dana pensiun yang tepat!