3 Tips Menghindari Allergen Apapun Jenis Alergi Yang Diderita

alergen

Memiliki salah satu diantara sekian jenis alergi tentu perlu disikapi dengan bijak supaya bisa hidup nyaman dan beraktivitas normal. Alergi memang suatu kondisi yang sering dialami oleh sebagian besar orang dan penyebabnya sangat beragam. Bisa berasal dari makanan, udara, dan kontak dengan zat tertentu yang memicu reaksi abnormal pada tubuh. Meski sering dijumpai namun bukan berarti normal dan tidak berbahaya, ada baiknya ditangani dengan tepat dan serius.

Tips Menghindari Allergen

Salah satu solusi kendalikan alergi untuk mencegah terjadinya reaksi alergi adalah dengan menjauhi allergen supaya reaksi alergi tidak terjadi lagi. Alergi kadang juga bisa disembuhkan, namun bagi pemilik alergi ada baiknya mencoba tips berikut:

  1. Memperhatikan aliran udara di dalam rumah,

Alergi sering sekali muncul di saat tidak terduga dan ada baiknya memperhatikan kebersihan dan aliran udara di dalam ruangan. Dianjurkan untuk menggunakan AC sebab membantu mengatur aliran udara tetap bersih. Pemakaian AC di dalam ruangan juga terbukti mampu mencegah allergen masuk sebesar 95% lebih.

  1. Jauhi allergen secara total,

Menjauhi allergen menjadi kewajiban penderita alergi selama masih menderita alergi tersebut, sebab beberapa orang bisa sembuh. Sebagian sembuh setelah menjalani pengobatan dan terapi namun ada pula yang sembuh secara alami. Biasanya alergi yang dimiliki saat kanak-kanak bisa hilang setelah berada di usia dewasa, meski jumlahnya tidak banyak. Intinya allergen wajib dijauhi, misal memakai masker saat bepergian, memakai alat pencuci hidung, menjaga pola makan, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan asupan Vitamin D,

Banyak sekali studi yang menunjukan bahwa penderita alergi akan mendapati kondisinya semakin parah tatkala kekurangan Vitamin D. maka dianjurkan untuk meningkatkan asupan Vitamin D ini dengan makanan yang kaya akan vitamin tersebut. Vitamin D bisa diperoleh dari konsumsi ikan salmon, ikan tuna, dan juga suplemen dengan kandungan vitamin tersebut. Alternatif paling mudah dan murah adalah berjemur di pagi hari, yakni dari jam 7 pagi sampai jam 10 sehingga jenis alergi yang dialami perlahan akan membaik.