6 Indikator Pola Hidup Bersih dan Sehat Ideal

pola hidup sehat ideal

Menjalankan pola hidup sehat merupakan alternatif  terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat. Jika kita memiliki pola hidup yang kurang sehat, sudah tentu akan berdampak pada tubuh kita seperti sakit dan daya tahan tubuh menjadi berkurang. Ada beberapa indicator yang harus dijalankan jika ingin mendapatkan pola hidup bersih dan sehat. Di bawah ini beberapa jenis indikator yang dapat anda jalankan untuk menuju pola hidup sehat ideal.

  1. Menggunakan air bersih

Penggunaan air bersih tidak hanya untuk minum saja, tapi untuk mencuci piring dan pakaianpun kita disarankan untuk menggunakan air yang bersih. Hal demikian bertujuan agar kesehatan pada tubuh kita akan selalu terjaga.

  1. Makan makanan sehat

Yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan yang mengandung protein (daging, ayam tanpa kulit, susu, dan lain-lain), karbohidrat (putih telur, kentang,biji-bijian, dan lain-lain), serat (sayur dan buah-buahan). Makanan tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat meningkatkan massa otot serta dapat mempertahankan berat badan anda.

  1. Makan sayur dan buah setiap hari

Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari dapat membuat tubuh lebih energik dan segar. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat sehingga membuat tubuh lebih energik dan terasa segar. Vitamin, mineral, dan serat akan membantu kita terhindar dari serangan penyakit pencernaan yang disebabkan oleh virus atau serangan bakteri lain. Buah dan sayur juga sangat diperlukan untuk masa pemulihan saat kita sakit dan bahkan dapat meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

  1. Melakukan aktifitas fisik setiap hari

Melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga sangatlah penting demi menjaga kesehatan, aktifitas fisik terbagi dalam tiga jenis yaitu aktifitas fisik ringan seperti berjalan, aktifitas fisik sedang seperti bersepeda, dan aktifitas fisik berat seperti fitness dan angkat beban. Hal tersebut bertujuan untuk melenturkan otot-otot tubuh yang tegang setelah beraktifitas seharian.

  1. Mencuci tangan dengan air bersih dengan sabun

Tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan berbagaimacam benda, dan setiap benda pasti memiliki kuman-kuman yang merupakan sumber dari berbagaimacam penyakit. Maka dari itu kita disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air bersih setiap kali anda selesai beraktifitas dan sebelum makan agar kuman-kuman yang ada ditangan anda dapat hilang.

  1. Tidak merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung, impoten, dan gangguan kehamilan dan janin. Itulah slogan yang terdapat pada iklan-iklan rokok. Sudah jelas merokok sangat merugikan bagi tubuh sendiri dan bahkan orang lain yang terhisap asap rokok. Oleh karena itu bagi anda yang sudah kecanduan merokok ada baiknya merokok jangan didalam rumah atau ruangan tempat umum,karena sangat membahayakan orang lain terhisap asap rokok dari anda. Dan ada baiknya jika dari sejak dini anda berhenti merokok demi kesehatan anda dan keluarga anda.

Itulah 6 indikator pola hidup sehat ideal yang perlu anda terapkan jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Semoga memberikan manfaat yang positif bagi anda semua.