Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

menjaga_kesehatan_gigi_dan_mulut

Kesehatan merupakan sebuah anugerah yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Mendapatkan nikmat berupa sehat mungkin kerap kali kita abaikan begitu saja hingga saat sakit datang kita baru menyadari betapa berharganya sebuah nikmat sehat yang Tuhan berikan, hal inilah yang sesungguhnya patut untuk selalu kita renungkan dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu yang penting meski kadang juga kita remehkan, pentingnya menjaga kesehatan gigi dan juga mulut akan mencegah rusaknya gigi dan gusi, gangguan penguyahan dan tak menutup kemungkinan akan terus menyebar hingga gangguan kesehatan lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa mulut adalah tempat yang paling berpotensi akan perkembangan bakteri, dengan tidak menjaga kebersihan mulut maka sisa makanan yang kita konsumsi bisa saja tertinggal atau terselip hingga bertambah banyak dan berakhir dengan adanya plak yang mampu memproduksi asam. Asam yang berasal dari plak ini bisa mengancurkan email gigi yang menyebabkan gigi berlubang, terlebih lagi plak juga bisa berpengaruh pada kesehatan gigi dan tulang pendukung lainnya. Beberapa hal berikut ini bisa menjadi cara bagi kita untuk bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi kita.

Tips dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi kita

  • Kurangi makanan manis

Apapun makanannya yang berasa manis pasti banyak yang menyukainya, mungkin anda adalah salah satunya. Makanan manis yang mudah dijumpai dan tentu sering banyak digemari contohnya adalah permen, kue, es krim, dan beberapa makanan lainnya. Mulai sekarang cobalah untuk sedikit mengurangi intensitas memakan makanan yang serba manis tersebut, bagaimanapun juga makanan yang memiliki kandungan rasa manis ini memiliki resiko yang akan menimbulkan plak hingga karang gigi. Penyakit ini biasa disebabkan oleh gula yang memiliki sifat mudah menempel baik di sela – sela gigi maupun gusi yang lama – kelamaan akan bisa berubah menjadi plak dan karang gigi. Hal mudah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan berkumur dan menggosok gigi setelah anda mengkonsumsi makanan manis tersebut.

  • Konsumsi kalsium

Saat kita duduk di bangku sekolah dasar tentu sering diajari tentang jenis – jenis makanan yang berguna bagi tubuh kita, dan jika kita sesuaikan dengan kebutuhan tulang dan gigi tentu saja kita akan teringat pada kalsium. Ya, kalsium merupakan zat yang dapat memperkuat tulang dan gigi kita. Contoh sumber makanan yang mengandung banyak kalsium yaitu seperti susu, yoghurt, keju dan beberapa jenis makanan lainnya yang memiliki kandungan yang sama. Jadi cobalah untuk lebih banyak untuk mengkonsumsi jenis makanan tersebut, setidaknya anda bisa mengkonsumsinya minimal sekali dalam sehari.

  • Flossing

Pasti anda sudah tak asing lagi dengan berkumur dan gosok gigi, namun ada satu lagi yang dapat anda lakukan sebagai upaya untuk tetap menjaga kesehatan mulut dan gigi yaitu dengan cara flossing. Yang harus anda lakukaan hanyalah dengan membersihkan sela – sela gigi menggunakan benang atau dental floss, memposisikan benang tersebut di sela – sela gigi lalu menggerakannya ke atas dan ke bawah secara perlahan.

Nah, itulah beberapa contoh dan juga tips mudah dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut kita, bagaimana pendapat sobat sekalian? Pastinya setelah membaca beberapa tips tersebut akan lebih mudah dalam menjaga kesehatan dari mulut kita bukan, selain hal itu membuat kita lebih sehat kita juga bisa lebih percaya diri karena kesehatan mulut kita mencerminkan kebersihan kita sehari hari loh.