Cek Torch Pada Saat Hamil

Cek_Torch_Pada_Saat_Hamil

Melakukan cek torch adalah pemeriksaan screening yang berupa tes darah untuk mendeteksi sekelompok infeksi yang ada pada tubuh manusia. Torch ini sendiri merupakan singkatan dari rubella, toxoplasmosis, cytomegalovirus, dan juga herpes simplex. Yang mana keempat jenis penyakit infeksi tersebut, sama-sama berbahaya bagi janin yang dikandung jika infeksi diderita oleh ibu hamil. Kini diagnosis untuk jenis penyakit infeksi ini telah berkembang antara lain kearah pemeriksaan secara imunologis. Pada prinsip dari pemeriksaan tersebut adalah deteksi adanya zat anti yang spesifik terdapat kuman penyebab utama infeksi torch, sebagai respon tubuh terhadap adanya benda asing seperti kuman, anti bodi terbukur yang bisa berupa imunoglobulin M, dan juga imunoglobulin G. Salah satu yang harus Anda tahu adalah toxoplasma.

Infeksi toksoplasma ini disebabkan oleh parasit yang biasanya disebut dengan toxoplasma gondi. Yanag mana, infeksi tersebut terjadi tanpa disertai dengan gejala-gejala yang spesifik. Kira-kira hanya sekitar 10 hingga 20 % saja kasus infeksi ini yang juga disertai dengan gejala ringan, mirip sekali dengan gejala influenza, dapat timbul rasa lelah, demam, malaise, dan juga umumnya tidak timbulkan masalah.

Selain itu, infeksi toxoplasma ini bisa berbahaya jika terjadi ketika ibu sedang hamil atau pun pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuhnya sedang terganggu, misalnya penderita AIDS, atau pun pasien transpalasi organ yang mendapat obat penekan respon imun. Bila wanita hamil telah terinfeksi toxoplasma, maka akibat yang bisa terjadi adalah abortus spontan atau pun keguguran, lahir mati, dan bayi menderita toxiplasmosis bawaan. Dan pada toxoplasmosis bawaan, gejala bisa muncul setelah dewasa.

Pentingnya cek torch saat hamil

Salah satu tes terpenting yang harus dijalani oleh ibu hamil adalah panel torch. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi antigen dan juga antibodi di tubuh sang ibu terdapat beberapa penyakit toxoplasma, rubella, herpes simpleks tipe 2 dan 2, serta cytomegalovirus. Adapun antigennya adalah protein asing yang sebabkan penyakit, sedangkan antibodi adalah protein yang telah menunjukkan bahwasannya tubuh Anda sudah terkena infeksi dan membentuk antinya.

Cek torch pada saat hamil ini sangat penting sekali untuk dilakukan, sebab bila ibu hamil sudah sempat terinfeksi keempat penyakit yang berbahaya bagi janin tadi, akan jadi masalah yang cukup serius, sebab virus bisa saja menembus plasenta dan sebabkan kelainan bagi bayi. Wanita yang cenderung memerlukasn cek torch atau tes torch ini pada saat hamil adalah wanita yang mempunyai hewan peliharaan dan juga sudah pernah keguguran. Bahkan pemeriksaan ini juga tidak dilakukan secara rutin, hanya untuk kelompok beresiko tinggi.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang cek torch pada saat hamil yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.