Efek Negatif Lama Menonton Televisi

efek negatif nonton tv

Menonton Televisi adalah salah satu hiburan yang bisa dilakukan saat anda bersantai dirumah. Tetapi, bila dilakukan secara terus-menerus untuk jangka waktu yang relatif lama, aktivitas ini juga dapat berdampak buruk bagi keluarga anda. Menonton televisi melibatkan beberapa panca indera seperti mata, telinga, serta tangan. Akibat menonton televisi secara berlebihan tidak hanya menyasar panca indera. Contohnya, peneliti menemukan bahwa setiap satu jam menonton televisi dapat meningkatkan resiko kematian akibat penyakit serangan jantung sebesar 18% dan resiko kematian akibat kanker sebesar 9%.

Menatap layar televisi adalah salah satu gaya hidup yang kurang aktif, kurangnya otot yang bergerak saat menonton televisi terlalu lama, ditambah lagi berada didepan layar televisi dengan jarak yang tidak tepat, akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Kegiatan menonton televisi dilakukan oleh semua kalangan umur. Peneliti menunjukkan bahwa nak-anak berusia 2-10 tahun yang menghabiskan banyak waktu didepan layar televisi, dan komputer 30% mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi dibandingkan yang tidak. Kurangnya aktivitas fisik bahkan kian meningkatkan resiko sampai 50%.

Rata-rata remaja beraktivitas fisik 20-30 menit, padahal idealnya adalah selama 60 menit disetiap harinya. Aktivitas fsik itu adalah intensitas gerakan seseorang yang dilakukan perharinya. Dengan berkurangnya aktivitas fisik kalori yang dikeluarkan berkurang sehingga membuat asupan kalori tidak seimbang. Mengerjakan esuatu hal yang menyenangkan dirumah atau diluar rumah, seperti berolah raga dipagi hari, adalah salah satu cara untuk menyeimbangkannya. Berenang juga ampuh membuat perasaan terasa terhibur daripada berada didepan layar televisi terlalu lama.

Agar keluarga kita tetap nyaman dalam menatap layar televisi, ada beberapa cara yang bisa diambil dalam penempatan televisi dirumah. salah satunya adalah, hindari meneonton televisi dengan pencahayaan yang termeram. Radiasi cahaya yang buruk dapat membuat mata cepat lelah. Kemudian tentukan jarak aman menonton televisi, dengan cara meletakkan televisi pada jarak-jarak tertentu seperti :

  • TV 14 INCI jarak ideal 1,78 Meter dari Sofa
  • TV 17 INCI jarak ideal 2,16 Meter dari Sofa
  • TV 20 INCI jarak ideal 2,54 Meter dari Sofa
  • TV 21 INCI jarak ideal 2,67 Meter dari Sofa
  • TV 29 INCI jarak ideal 3,67 Meter dari Sofa
  • TV 32 INCI jarak ideal 4,07 Meter dari Sofa
  • TV 50 INCI jarak ideal 6,35 Meter dari Sofa

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.