Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

makanan penderita diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tak mampu menggunakan insuin secaa efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki lebih banyak lemak perut lebih mudah rentan terhadap diabetes karena jenis lemak ini terkait dengan resistensi insulin.

Bagi para penderita diabetes, mengetahui dan mengatur pola hidup sehat penderita diabetes sangatlah penting guna menurunkan dan mengontrol gula darah. Mengatur pola makan untuk diabetes bukan berarti menghindari gula sama sekali. Penderita diabetes tetap bisa mengkonsumsi makanan  yang manis-manis,  dengan catatan makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Berikut makanan sehat bagi penderita diabetes yang dapat dikonsumsi setiap hari,

  1. Gandum

Mengkonsumsi gandum bagi para penderita diabetes sangatlah dianjurkan, karna gandum sangat kaya akan serat yang mampu untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Serat yang cukup dapat memperlambat pelepasan glukosa kedalam aliran darah, sehingga membuat kadar gula darah menjadi stabil.

  1. Beras merah

Sama halnya dengan gandum, beras merah juga kaya akan serat. Selain itu beras merah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada yang terdapat pada beras putih. Beras merah kaya akan vitamin B, magnesium, dan zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

  1. Sayuran

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran, karena sayuran sangat rendah lemak dan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Tapi ada beberapa jenis sayuran yang harus dihindari oleh para penderita diabetes, yakni sayuran yang mengandung zat tepung seperti kentang, ubi-ubian, dan jagung.

  1. Buah-buahan

Penderita diabetes juga tidak dilarang untuk mengkonsumsi buah-buahan, karena pada buah banyak terkandung vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi penderita diabetes. Selain itu kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah dapat mencegah kerusakan sel. Contoh buah yang dapat dikonsumsi para penderita diabetes yaitu apel, pir, jeruk, buah bery, jambu biji,kiwi, papaya, semangka, danlainnya.

  1. Susu rendah lemak

Susu  mengandung kalsium dan vitamin D, namun bagi penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi jenis susu yang rendah lemak dan gula, serta kaya akan kalsium, vitamin, magnesium, lactosa, dan protein. Bagi anda yang memiliki keturunan penderita diabetes, alangkah baiknya jika mengkonsumsi susu yang rendah lemak dan gula demi menghindari resiko diabetes sejak dini.

Itulah jenis-jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes sebagai acuan untuk menjalankan pola hidup sehat penderita diabetes, selain mengkonsumsi makanan yang cukup atau tidak berlebih, aktivitas fisik juga harus dijalankan setiap harinya untuk membantu membakar lemak dalam tubuh agar tidak berlebih.