Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

bayam

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.(wikipedia)

Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung

Berikut ini ada delapan fakta tentang sayuran berdaun hijau alias bayam ini;

  1. Daun bayam lebih banyak mengandung nutrisi. Bayam yang ditempatkan di bawah cahaya langsung ternyata banyak nutrisinya daripada yang disimpan dalam lemari pendingin.
  2. Memasak bayam sebenarnya dapat meningkatkan manfaat kesehatan. Setengah cangkir bayam ynag dimasak akan memberikan tiga kali nutrisi dari pada bayam yang mentah.
  3. Studi penelitian menunjukkan membuat bayam dalam bentuk jus sebenarnya adalah cara sehat untuk mengkonsumsi bayam.Campur bayam dengan buah-buahan lain untuk membuat segelas jus lezat atau smoothie hijau.
  4. Ada suatu senyawa dalam bayam yang disebut asam oksalat, yang menghambat penyerapan kalsium dan zat besi.
  5. Pembekuan bayam mengurangi manfaat kesehatan.Jadi, alangkah baiknya jika anda memasak bayam tersebut hari tu juga.
  6. Bayam sangat baik untuk pencernaan. Bayam memudahkan sembelit dan melindungi lapisan lendir lambung, sehingga anda tetap bebas dari bisul.
  7. Manfaat lain yang kurang dikenal bayam adalah perannya dalam perawatan kulit. Mengkonsumsi jus bayam organik segar secara rutin telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit secara dramatis.
  8. Mungkin anda sudah banyak yang tahu bahwa daun bayam sangat bagus dikonsunsi oleh para ibu yang menyusui agar asi yang dikeluarkan lebih banyak dan memperlancar asi.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.