Macam-Macam Jenis Sambal Kuliner Khas Indonesia

macam-macam sambal kuliner khas indonesia

Salah satu kelebihan dari kuliner khas Indonesia adalah banyaknya jenis kuliner yang memiliki cita rasa tersendiri. Sebuah rahasia yang pastinya menjadi kelebihan dari masakan khas Indonesia adalah Indonesia memiliki banyak sekali jenis rempah rempah yang membantu kita memiliki jutaan cita rasa kuliner menarik dan lezat. Salah satu cita rasa dari kuliner Indonesia tentunya adalah macam-macam sambal kuliner khas Indonesia. Nah, bagi sobat sekalian yang penasaran dengan macam macam dari sambel yang membuat Indonesia dikenal di manca Negara maka berikut ini adalah beberapa sambal yang kami rekomendasikan untuk anda semuanya.

Sambal kuliner khas Indonesia yang wajib anda cicipi

  1. Sambal Kecap

Wah kalau mendengar sambal yang satu ini pastinya kita semua akan merasa sangat senang.  Terutama bagi mereka yang tidak hanya menyukai rasa pedas dan meledak ledak di mulut namun juga rasa manis dari kecap yang memberikan cita rasa tersendiri. Sambal yang satu ini merupakan salah satu sambel yang cukup populer dan banyak digunakan bersama hidangan kuliner ikan bakar.

  1. Sambal Cabe Ijo

Bagi anda penggemar masakan padang pasti tidak asing dengan sambel yang satu ini benar sambel cabe ijo yang merupakan salah satu dari macam-macam sambal kuliner khas Indonesia ini merupakan sambel yang cukup populer. Salah satu kelebihan dari sambel ini adalah cara membuatnya cukup mudah dan tidak terlalu rumit. Selain itu rasa pedasnya bisa dibilang di atas sambel yang lainnya.

  1. Sambal Bawang

Sambel yang satu ini merupakan perpaduan rempah rempah bawang dengan sambel pada umumnya. Sambel ini sangat mudah dibuat dan juga memiliki cita rasa bawang yang membuatnya menjadi semakin gurih untuk dinikmati.

  1. Sambal Tomat

Sambel tomat memiliki rasa pedas yang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi sambel yang satu ini dijamin akan membuat anda semua ketagihan karena dengan perpaduan buah tomat akan membuat sambel ini menjadi lebih segar dan juga lezat untuk dinikmati. Sambel ini cocok disajikan bersama dengan lalapan dan juga sejenisnya terutama sebagai pelengkap makan anda.

  1. Sambel Terasi

Sepertinya daftar dari macam-macam sambal kuliner khas Indonesia tidak akan lengkap sebelum kita memasukan sambel terasi ke dalam daftar ini. Perpaduan sambal yang diberi terasi dijamin akan membuat makanan anda lebih gurih dan juga lezat. Sambel terasi merupakan pelengkap makanan yang pasti dan wajib terutama bagi penduduk jawa barat atau orang orang sunda.

Itulah berbagai jenis sambal yang terkenal di Indonesia, bahkan sudah menjadi ciri khas kuliner di Indonesia, dan tentunya masih banyak lagi jenis-jenis sambal yang lain yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.