Membuat Kamar Ideal Untuk Anak

kamar ideal anak

Mendesain kamar untuk sikecil memang agak rumit dibanding dengan orang dewasa. Hal ini dikarenakan anak biasanya memiliki kesenangan atau kesukaannya sendiri, seperti tokoh kartun/animasi. Jadi untuk mendesain kamar anak agar sesuai dengan keinginan mereka, kita harus tahu terlebih dahulu favorit si anak. Karena jika kamar anak terasa nyaman, maka anak akan merasa betah berada didalam kamarnya.

Usia yang berbeda menjadikan kebutuhan yang juga berbeda, karena dari itu diperlukan trik dan tips agar menciptakan kamar yang ideal bagi anak -anak. Berikut tips-tips mewujudkan kamar anak yang ideal :

  1. Dalam kamar yang berukuran tidak luas atau sempit, letakkan tempat tidur diujung ruangan bersisian dengan jendela. Hal ini dilakukan supaya ada banyak ruangan yang tersisa dan dapat dimanfaatkan dengan optimal.
  2. Sebaiknya gunakan pencahayaan yang alami dengan membuat banyak jendela,. Dengan banyaknya jendela maka kualitas cahaya dan udara yang masuk kedalam kamar akan terasa optimal.
  3. Untuk pencahayaan buatan, pasang lampu dengan dua tipe berbeda. Misalnya, lampu warm sebagai lampu exiting dan lampu cool daylight untuk keperluan khusus di meja belajar.
  4. Hindari pengaplikasian warna-warna tua. Bila tetap ingin menggunakan warna tua, kombinasikan dengan warna yang lebih muda agar membuat anak terasa betah dan tidak bosan berada didalam kamarnya, yang terlebih kamar tidak terasa sumpek.
  5. Untuk ruang sempit dan menggunakan bunk bed, tinggi plafon setidaknya harus 3 meter dari lantai. Kasur dilevel bawah dengan kasur dilevel atas, minimal berjarak 1,8 meter agar orang dewasa bisa masuk.
  6. Ciptakan nuansa karakter didalam kamar anak, sesuai dengan apa yang disukai anak, atau bisa juga sesuai dengan hobi anak. Caranya dengan menaruh aksesoris-aksesoris yang bercorak sesuai kegemaran anak.

Jadi sentuhan kreatif orang tua dalam mendesain kamar untuk buah hati tercinta, akan membuat anak menjadi lebih betah berada dirumah, dan bahkan kamar tidurnya juga bisa menjadi tempat terfavorit bagi anak, karena dia merasa nyaman berada didalam sana.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.