Mengenal Jenis Tipe Kamar Hotel Dan Perbedaanya

jenis kamar hotel

Masih bingung untuk menentukan jenis tipe kamar hotel saat akan booking ketika liburan? Setiap  kamar di hotel memang berbeda-beda mulai dari harga yang paling murah, dengan fasilitas seadanya hingga yang paling mahal, dengan fasilitas paling lengkap. Berikut ulasan tentang jenis tipe kamar hotel dan perbedaanya.

Run Of House (ROH). Kamar ini merupakan kamar paling rendah pada tipe hotel, dengan fasilitas yang sangat minim, kamar ini biasanya disediakan jika semua kamar hotel telah terisi penuh. Mengenai harga tentunya kamar ini sangat murah, sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

Standard Room. Kamar jenis ini biasanya berukuran tidak cukup besar, fasilitas yang tersediapun juga standar seperti televisi, kipas angin, tempat tidur, meja, dan lemari pakaian. Kamar jenis ini cukup banyak diminati dikalangan masyarakat.

Twin dan Family. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebutkan jenis kamar ini yaitu double Queen dan double King, yang berarti kasur berukuran Queen atau King. Kamar ini diperuntukkan bagi penyewa kamar yang lebih dari satu orang, oleh karena itu kasur yang disediakan didalam kamarpun biasanya ada dua buah, atau satu buah dalam ukuran besar.  Sedangkan kamar family, kamar yang terdiri dua kasur dengan ukuran satu double dan satu kasur single, yang biasanya di gunakann untuk keluarga yang membawa anaknya untuk berlibur.

Superior Room. Kamar yang berada satu level diatas standard room ini tentunya memiliki kelebihan pada fasilitas yang disediakan. Kamar ini biasanya sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC, TV, Kulkas kecil, sofa, lemari pakaian, meja rias, dan kamar mandi yang cukup luas.

Deluxe Room. Dari segi fasilitas, deluxe room biasanya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan superior room. Yang menjadi pembeda yakni, ukuran ruangan deluxe room cenderung lebih luas daripada superior room.

Suite Room. Jenis kamar ini tentunya lebih besar dari  superior atau deluxe room, selain memiliki kamar mandi, suite room juga memiliki ruangan lain seperti ruang tamu yang dilengkapi dengan sofa dan meja. Hotel jenis ini biasanya digunakan sesuai dengan kebutuhan para pemakai, oleh karena itu beberapa hotel membagi lagi suite room menjadi tiga jenis, yaitu junior suite, business suite dan executive suite.

Presidential. Jenis kamar ini dikategorikan sebagai kamar mewah. Memiliki kamar yang sangat luas, dan dilengkapi dengan ruang tamu serta fasilitas paling lengkap, membuat kamar hotel ini hampir menyerupai sebuah apartemen atau rumah. Biasanya kamar hotel jenis ini hanya dapat kita jumpai di hotel-hotel bintang 5 saja, dan dengan jumlah yang tidak banyak. Kamar istimewa ini biasanya dirancang dengan semaksimal mungkin demi kenyamanan para pemakainya.

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis tipe kamar hotel dan perbedaanya, pilihlah hotel sesuai dengan keperluan anda. Semoga coretan ini memberikan manfaat bagi kita semua terutama dalam hal memilih kamar hotel.