Merapikan Pakaian Tanpa Setrika

merapikan pakaian

Rutinitas setiap hari menuntut kita agar selalu berpenampilan rapi. Apalagi yang bekerja dikantoran atau ditempat umum lainnya yang memungkinkan kita terlihat menarik dan selalu rapi. Biasanya alat yang dipakai untuk merapikan pakaian yang umum kita gunakan adalah setrika listrik. Namanya juga setrika listrik, pasti sumber energinya berasal dari listik. Tapi apa jadinya bila tanpa diduga saat kita mau menyetrika pakaian, dan dalam keadaan terburu-buru listrik tiba-tiba mati, pasti kita akan bingung bagaimana cara merapikan pakaian tanpa setrika? Sekarang anda tidak perlu bingung, karena ada berbagaimacam cara yang dapat dilakukan untuk Merapikan Pakaian Tanpa Setrika, berikut pilihan alternatifnya :

Pakai Handuk

Anda bisa dengan mudah menggunakan handuk yang baru saja Anda gunakan untuk mandi, baringkan baju pada permukaan yang datar, dan letakkan baju langsung diatas baju yang ingin Anda hilangkan kerutannya. Cara ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan metode-metode sebelumnya, tetapi jika Anda melakukannya, dibantu dengan tangan Anda, seharusnya kerutan pada baju tersebut bisa hilang.

Pakai Catok Rambut

Jika sedang terburu-buru, alat pelurus rambut bisa digunakan. Jepitlah pakaian dan tarik seperti biasanya gerakan meluruskan rambut. Cara ini baik sekali untuk meluruskan kerah atau daerah di antara kancing-kancing baju.

Pakai Uap Air

Metode uap lainnya dapat dilakukan ketika sedang membuat secangkir teh. Ketika air dalam cerek sedang mendidih, peganglah pakaian sekitar 30 cm dari moncongnya.

Pakai Panci Panas

Jika setrika anda sedang rusak atau listrik dalam keadaan  mati, gunakan panci yang dipanaskan dari kompor. Didihkan air di dalam panci dan buang airnya sebelum mendekatkan panci itu ke pakaian yang kusut seperti penggunaan setrika. Tapi berhati-hatilah karena panasnya tidak merata dan dapat menghanguskan pakaian jika teledor.

Semprot dan Gantung

Caranya jemurlah pakaian Anda diluar rumah, dan semprotkan seluruh permukaan baju Anda dengan air. Anda bisa menggunakan botol semprot bekas parfum atau sejenisnya  untuk menyemprotkan air. Tinggalkan baju Anda selama satu jam. Bahan pakaian Anda akan mengendur dalam lembab dan panas, dan akan melepaskan kerutan, serta matahari akan melakukan proses pengeringan baju. Sangat baik untuk pakaian berwarna putih, karena matahari bisa memudarkan warna dari pakaian Anda. ditambah, baju Anda akan terasa segar karena dijemur diluar rumah.

Ditempatkan Dibawah Kasur

Terakhir, jika masih belum berhasil, letakkan  pakaian ditempt yang berat, semisal kasur, selama kira-kira satu jam. Walaupun tidak sempurna, kusutnya berkurang. Cara ini sudah sering digunakan oleh kakek buyut kita waktu jaman dulu.