Pentingnya Mengetahui 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

6-aspek-perkembangan-anak-usia-dini

Anak Usia dini adalah anak yang berada pada rentan usia 0-8 tahun. Para ahli memandang masa usia dini adalah masa yang paling rentan dan fundamental bagi perkembangan dan kepribadian anak di tingkat selanjutnya. masa ini dikenal dengan sebutan golden age atau masa keemasan.

Berikut ini 6 aspek perkembangan anak usia dini yang perlu di ketahui oleh anda selaku orang tua bagi putra-putri anda :

  1. Perkembangan Fisik-Motorik

Merupakan aspek terpenting dimana kemampuan anak untuk menggerakkan anggota tubuh akan terlihat di masa ini. anak cenderung menunjukkan gerakan-gerakan motorik yang cukup gesit dan lincah. Oleh karena itu, usia ini merupakan masa ideal untuk belajar keterampilan yang berkaitan dengan motorik, seperti menulis, menggambar, melukis, berenang, main bola dan atletik.6 Aspek perkembangan anak usia dini

  1. Perkembangan Kognitif
    Perkembangan kognitif menyangkut perkembangan berfikir dan bagaimana kegiatan berfikir itu bekerja. Dalam kehidupannya, mungkin saja anak dihadapkan pada persoalan yang menuntut adanya pemecahan. Menyelesaikan suatu persoalan merupakan langkah yang lebih kompleks pada diri anak. Sebelum anak mampu menyelesaikan  persoalan, anak perlu memiliki kemampuan untuk mencari cara penyelesainnya.

    Menurut Piaget, perkembangan kognitif pada anak terjadi dalam empat tahap, yaitu sebagai berikut;

  1. Tahap sensorimotorik (lahir-2 tahun)
  2. Tahap praoperasional (2-7 tahun)
  3. Tahap operasional konkrit (7-11 tahun)
  4. Tahap operasional formal (11-16 tahun)
  1. Perkembangan Bahasa

Merupakan aspek dimana anak-anak akan mulai mengucapkan beberapa kata yang baru dipelajarinya yang akan berkembang dari hari ke hari.

  1. Perkembangan Sosial Emosional
    Menurut Dini. P Daeng S. Ada 4 faktor yang berpengaruh pada kemampuan anak bersosialisasi, yaitu sebagai berikut;
  • Adanya kesempatan untuk bergaul dengan orang disekitarnya dari berbagai usia dan latar belakang.
  • Adanya minat dan motivasi untuk bergaul
  • Adanya bimbingan dan pengajaran dari orang lain yang biasanya menjadi “model” bagi anak
  • Kemampuan sosialisasi dapat pula berkembang melalui cara “coba-salah” (trial and error) yang dialami oleh anak
  1. Perkembangan Emosi Anak

Pada usia dini, emosi anak mulai matang. Anak mulai menyadari akibat-akibat dari tampilan emosinya. Anak mulai memahami perasaan orang lain, misalnya bagaimana perasaan orang lain apabila disakiti maka anak belajar mengendalikan emosinya.

  1. Perkembangan Seni

Aspek perkembangan seni anak adalah suatu aspek yang kadang terlupakan, padahal melalui seni anak dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan lainnya seperti menyanyi sambil belajar huruf dan angka untuk membantu mengembangkan aspek perkembangan kognitif atau menggunting, menggambar dan menari untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif, fisik, dan motorik anak. Kemampuan anak usia dini untuk merasakan dan melakukan berbagai keterampilan atau kemampuan seninya dapat ditimbulkan dan dikembangkan sejak dini melalui pelatihan dan bimbingan yang terarah sambil disesuaikan dengan karakteristik belajar anak usia dini.

Itulah tadi paparan tentang 6 aspek perkembangan anak usia dini yang mungkin dapat membantu anda untuk mengetahui tentang tahap demi tahap perkembangan putra dan putri anda tercinta.