Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

pendidikan-anak-dalam-keluarga

Anak menjadi penerus dalam sebuah keluarga, harus disadari bahwa dengan adanya kelahiran anak dalam sebuah keluarga maka ini merupakan salah satu generasi yang akan meneruskan catatan generasi baru berikutnya dari pohon keturunan tersebut. Hal tersebut yang membuat semua orang tua menginginkan anaknya lahir dalam keadaan yang sempurna, namun tak hanya itu saja melainkan didikan yang diberikan juga haruslah yang terbaik agar kelak anak menjadi generasi penerus dalam keluarga yang didambakan setiap orang. Sekilas yang terlintas dalam benak kita tentu pendidikan adalah sebagaimana yang diajarkan pada bangku sekolah saja akan tetapi yang menjadi sangat penting yaitu pendidikan anak dalam keluarga, ini memiliki peran yang tak bisa digantikan oleh apapun.

Jika pendidikan yang didapatkan anak ketika berada di bangku sekolah bisa diulang maka lain halnya dengan pendidikan dalam keluarga, usia yang terus bertambah dan pelajaran hidup yang terus – menerus diberikan oleh keluarga maka ini bisa menentukan mental dan pribadi anak nantinya. Bukan berarti pendidikan di bangku sekolah itu tidak penting, namun pendidikan anak dalam keluarga lah yang memegang andil paling besar dalam membentuk karakter anak kedepannya. Lalu bagaimana cara mendidik anak dalam keluarga? Beberapa hal berikut ini bisa menjadi langkah yang cukup bijak dalam mendidik anak dalam lingkungan keluarga.

Mengenali anak

Setiap anak yang terlahir ke dunia pasti memiliki minat dan bakatnya sendiri, hal ini tentu saja akan menjadi suatu nilai lebih yang sangat luar biasa jika orang tua mengetahui dan mendukung bakat tersebut. Anda sebagai orang tua bisa memberikan pendidikan anak dalam keluarga akan berbagai kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengasah bakat anak misalnya melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah atau berbagai kegiatan positiv lainnya, dengan seperti ini maka anak pun bisa menjadi lebih tau kemana harus mencurahkan energi dan bakat yang dimiliki selama ini. Di samping itu, dengan mengenali pribadi anak maka orang tua sesungguhnya sudah tak perlu lagi membanding – bandingkan anak sendiri dengan anak orang lain karna harus selalu diingat bahwa setiap anak terlahir dengan sifat serta karakter yang berbeda – beda.

Berikan contoh

Banyak diantara kita yang masih mengajarkan anak dengan kata – kata saja, namun harus diketahui bahwa anak adalah peniru yang sangat unggul atau dengan kata lain bahwa anak lebih cenderung meniru apa yang dilihat dan didengarnya ketimbang perintah – perintah yang didapatkannya. Anda bisa memberikan contoh – contoh keteladanan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya seperti sering menjalankan ibadah secara bersama – sama dari pada menyuruh anak melakukan ibadah.

Bekerjasama

Secara bersamaan seharusnya orang tua bisa lebih baik dalam mendidik anak melalui kerjasama yang baik, komunikasi dan pemahaman orang tua sangat dibutuhkan di sini karna bagaimana pun juga perilaku yang ditunjukkan oleh orang tuanya lah yang kelak akan dilakukan oleh sang anak terutama di pendidikan anak dalam keluarga.