Perubahan Fisik Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Muda

hamil muda

Memasuki masa kehamilan biasanya akan membuat ibu hamil muda menjadi bingung dan khawatir. Selain perasaan senang akan hadirnya momongan dalam keluarga, ibu hamil muda juga biasanya akan cemas dengan perubaha yang terjadi, cemas dengan persiapan apa saja yang harus ibu lakukan dan bingung bagaimana cara menangani semua hal tersebut. Apalagi bila kehamilan tersebut merupakan pengalaman pertama. Ikuti artikel ini untuk mengetahui apa saja perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil muda, hal yang sebaiknya dilakukan ibu hamil muda dan cara mengatasi perubahan yang dialami oleh ibu hamil muda.

Ibu hamil muda akan mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya di periode trimester I. Karena perubahan yang terjadi adalah peralihan dari keadaan tidak hamil ke keadaan hamil, maka ibu hamil muda akan merasakan perubahan yang cukup drastis. Mulai dari sensasi mual, muntah yang menjadi rutinitas sehari-hari sampai rasa mudah lelah dan perubahan mood yang kerap kali sulit dihindari. Namun tidak berarti bahwa semua ibu hamil muda akan mengalami dan merasakan perubahan tersebut mengingat sealu ada variasi dalam tiap individu. Berikut adalah beberapa perubahan yang sering terjadi pada ibu hamil muda:

  1. Nafas Pendek

Berbagai kegiatan yang senantiasa Anda lakukan terasa lebih berat. Anda mudah terengah-engah walaupun hanya melakukan olah raga ringan jalan kaki yang secara rutin sudah Anda lakukan selama ini. Nafas pendek yang Anda alami kemungkinan adalah sebuah tanda kehamilan, dimana janin yang sedang tumbuh memerlukan oksigen sehingga jatah oksigen Anda akan semakin berkurang.

  1. Sakit Kepala

Banyak juga diantara wanita yang merasakan kepala sakit pada awal masa kehamilan. Sakit kepala yang timbul tersebut diakibatkan oleh perubahan hormon. Dalam hal ini seorang wanita harus berhati-hati dalam memilih obat pereda nyeri yang dikonsumsi.

  1. Cepat Lelah

Anda juga akan mudah merasa lelah, hal ini mungkin respon ketika terjadi peningkatan hormon didalam tubuh. Rasa kelelahan pada wanita hamil, biasanya akan terjadi pada tri smester pertama masa kehamilan.

  1. Sering Buang Air Kecil

Anda mungkin sering terganggu ketika tidur, dimana Anda harus lebih sering terjaga untuk buang air kecil. Hal ini juga merupakan salah satu tanda kehamilan, karena tubuh akan menghasilkan cairan yang ekstra, sehingga kantung kemih semakin bekerja lebih keras dan Anda akan selalu merasakan ingin buang air kecil.

  1. Penciuman Lebih Sensitif

Banyak wanita yang merasakan indra penciumannya lebih sensitif pada bau di masa awal kehamilan.

  1. Payudara Membengkak

Seorang wanita yang sudah hamil biasanya akan diikuti oleh perubahan fisik berupa pembengkakan pada bagian payudara. Dalam hal ini payudara akan terasa lebih lembut dan warna aerola akan terlihat semakin gelap. Selain itu guratan pembuluh darah yang timbul merupakan tanda awal kehamilan.