Ringkasan Naskah Kisah Little Mermaid

mermaid

Kisah ini diangkat dari sebuah dongeng karangan Hans Christian Andersen yang berjudul  “Den Lille Havrue”.  Diceritakan bahwa Hans mencintai seorang lali-laki bernama Collin , namun cintanya tidak dapat bersatu karena memiliki kesamaan jenis kelamin, kemudian ia mendengar kabar bahwa Collin  telah bertunangan dengan seorang perempuan.

Kemudian ia menulis sebuah dongeng Den Lille Havrue dengan tokoh ikan duyung, ikan duyung tersebut melambangjan sebagai dirinya yang tidak mampu memiliki Collin. Ia mengirimkan surat tersebut kepada Collin, yang akhirnya surat tersebut dinobatkan sebagai salah satu surat cinta yang paling menyentuh.

Cerita diatas merupakan sekilas tentang sang penulis dongeng. Dalam dongeng aslinya, cerita akhir dari little Mermaid sebenarnya tidak bahagia. Untuk bagian penawaran ursulla terhadap Ariel mengenai menukar suaranya dengan kaki manusia masih sama. Tetapi kisah Ariel di daratan sangat berbeda.

Setiap Ariel menginjakkan kakinya ke tanah,ia akan  merasakan sakit yang teramat sangat seakan-akan sedang berjalan di atas beling. Persyaratan lainnya adalah jika Eric tidak mencintai Ariel,ia akan mati dan tidak bisa kembali menjadi putri duyung lagi.

Pada kenyataannya, eric jatuh cinta dengan perempuan lain dan meninggalkan Ariel. Ariel yang patah hati kemudian memilih untuk bunuh diri dengan menceburkan dirinya ke lautan dan menjadi buih-buih.

Kesimpulan Kisah :

Little mermaid yang telah berusaha untuk menjadi seorang manusia sampai ia harus rela kehilangan suaranya yang indah demi bisa bersama pangeran impiannya justru mendapatkan kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan, karena sang pangeran memilih untuk menikah dengan wanita lain yang dianggapnya telah menyelamatkannya saat ia tenggelam dan terdampar. Little mermaid pun mati dan menjadi buih di lautan.